Disusun oleh
Anggi Ambarsari “20212902"
Kelas : 1EB20
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
JUDUL
: USAHA DISTRO DIKALANGAN MAHASISWA
PENDAHULUAN
Pola dan gaya hidup perkotaan
merangsang kegiatan ekonomi guna mengantisipasi pemenuhan kebutuhan dan
perubahan yang cepat dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Salah satunya adalah
pemenuhan kebutuhan fashion dan aksesoris gaya tampilan masyarakat kota. Distro
atau distribution outlet adalah tempat untuk menjual berbagai produk fashion
dan aksesoris buatan lokal (local clothing company) yang terbatas dengan harga
terjangkau. Barang-barang yang dijual di tempat ini terdiri atas t-shirt, tas,
dompet, topi, jaket, baju, dan sebagainya. Pada dasarnya distro menyediakan
berbagai kebutuhan masyarakat agar gaya hidupnya dapat berbeda dan terpenuhi.
Berani tampil beda dan bergaya.Secara ekonomis dan financial, perputaran uang pada usaha distro sangat cepat, karena usaha ini sangat berkait erat dengan gaya hidup anak muda yang selalu mengikuti trend/mode. Dengan besarnya potensi kawula muda pada fashion, maka pasar distro juga terbuka lebar karena populasi anak muda relatif cukup besar. Distro pada dasarnya menyediakan kebutuhan kawula muda, sehingga meskipun distro belum tentu memperoleh pendapatan yang tetap atau tidak memiliki penghasilan tetap, tetapi daya beli kawula muda yang terus ada dan cukup lumayan membuat usaha distro memberi peluang yang cukup besar. Kepastian daya beli kawula muda yang tetap inilah yang menjadi peluang utama distro banyak dilirik para pebisnis. Bisnis ini terlebih cocok untuk dijalankan oleh para mahasiswa sebagai bagian dari kalangan muda yang mengerti apa yang dari kalangan mereka inginkan.
USAHA DISTRO DIKALANGAN MAHASISWA
Sekarang ini banyak mahasiswa yang mulai memberanikan diri untuk membuka suatu bisnis misalkan saja bisnis disto (distributor outlet). Usaha distro adalah usaha menjual produk pakaian (terutama kaos) dengan desain yang unik; tidak diproduksi masal. Biasanya produk distro dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas agar produk tersebut menjadi ekslusif .Karena jumlah produk pada distro itu yang limited inilah yang membuat harga produknya lumayan mahal. Karena jumlahnya yang sedikit ditambah dengan kualitas bahan yang bagus dan desain yang unik, maka produk-produk distro biasanya menjadi produk yang dicari-cari oleh anak muda. Mereka rela untuk merogoh kocek lebih dalam agar bisa tampil unik dengan produk distro.
Bila awalnya usaha distro berkembang pesat di Bandung
dan Jakarta, maka pada saat ini toko distro sudah bisa ditemukan hingga di
Batam, Makassar, Pare-pare dan masih banyak tempat lain. Uniknya lagi adalah
kebanyakan toko distro hanya menggunakan teras rumah atau mengontrak tempat
yang kecil. Hal ini adalah wajar karena memang biasanya jumlah produk yang
dijual memang sengaja dibuat tidak banyak agar tetap ekslusif.
Bila dijalankan dengan baik, keuntungan dari usaha
yang satu ini akan sangat menguntungkan. Untuk produk kaos yang benar-benar
bagus bisa dijual hingga Rp 150.000,- per potong padahal ongkos produksi hanya
Rp 60.000,-. Ongkos produksi ini akan lebih murah lagi bila toko distro
tersebut melakukan sendiri proses produksi dari barang-barang yang dijualnya.
Akan tetapi kenyataanya tidak semua usaha distro
memproduksi sendiri barang-barang yang mereka jual. Banyak toko yang hanya
membuat desain lalu menyerahkan proses produksi pada perusahaan percetakan.
Model bisnis seperti ini memang tidak membutuhkan modal awal yang besar, akan
tetapi dalam jangka panjang akan terasa bahwa dengan melakukan produksi sendiri
maka keuntungan yang bisa didapat akan lebih besar lagi karena:
- Lebih cepat; proses produksi bisa dilakukan dalam toko sehingga tidak perlu buang waktu bolak-balik ke lokasi perusahaan percetakan
- Kualitas lebih terjaga; desain, jenis bahan dan proses produksi dapat dikontrol langsung
- Ekslusifitas; bila menggunakan jasa perusahaan percetakan, desain yang diberikan bisa saja ditiru lalu dijual ke pengusaha distro lainnya. Bila menggunakan peralatan sendiri, maka hal ini bisa dihindari
Memang membutuhkan mudal yang tidak sedikit namun kita
bisa memulanya dengan bebrapa orang patner seperti teman , om , saudara
,keluarga ataupun orang-orang terpercaya lainnya. Jikalau usaha kita sudah
berjalan untungnya pun sangat menggiurkan. Bisnis usaha distro sangat cocok
untuk kalangan mahasiswa karena mahasiswa sangat tau jenis atau modal seperti
apa yang sedang diinginkan anak=anak muda jaman sekarang jadi tidak sulit untuk
menemukan inovasi –inovasi baju baru. Namun diluar dari kita ingin mendapatkan
omzet yang besar kita harus menjaga Brand, pelayanan, dan kualitas barang.
Jangan sampai mereka kecewa dengan barang yang mereka dapatkan ,kepuasan
pelanggan itu nomer satu. Sekali konsumen puas maka mereka akan datang ketempat
kita lagi dan mereka bisa juga menceritakan kepuasannya atas barang yang mereka
dapatkan ke orang lain begitu sebaliknya sekali konsumen kecewa jangan harap
mereka mau datang kembali.
PENUTUP
Bisnis distro cocok dijalankan oleh kalangan mahasiswa
karena mereka tau apa yang diingkan oleh kalangan muda sekarang ini. Selain kreatif
mereka juga punya banyak cara untuk memajukan usahanya mulai dari bazzar,
diskon, pemasaran lewat online hingga inisial-inisial unik dalam design baju
mereka membuat daya tarik sendiri bagi konsumen. Selain ingin mendapatkan omzet
yang besatr para pelaku usaha harus memenuhi kepuasan para pelanggannya jangan
sampai ada yang kecewa. Maka dari itu usaha distro tidak salah untuk dipilih,
namun untuk menjalankan usaha ini diperlukan niat dan kesungguhan yang besar
agar cepat mencapai kesuksesan .
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar